Selasa, 14 Oktober 2014

Bagaimana Nama Virus Ebola Ditemukan?

Virus ebola
Virus ebola

Virus ebola, yang menyebabkan wabah yang di Afrika Barat telah ditemukan sekitar 38 tahun yang lalu. Ketika itu virus ini menyebabkan penyakit misterius di kalangan penduduk desa di Zaire, yang sekarang bernama Republik Demokratik Kongo.

Tim ilmuwan internasional yang ditugaskan untuk menyelidiki tahun 1976 terkejut saat melihat virus dan penyakit yang ditimbulkannya. Saat itu, Dr Peter Piot, salah satu penemu virus menulis dalam memoarnya, "Jangan ada waktu terbuang, fokuskan hidup untuk segera mengetahui virus mematikan ini. "(WW Norton & Company, 2012)

Para ilmuwan telah melihat sampel darah yang dikirim dari Afrika di bawah mikroskop di laboratorium Belgia, dan virus tampak seperti cacing atau string panjang, tidak seperti hampir semua virus yang dikenal. Dan setelah tim mendapat contoh tanah di Zaire, mereka melihat betapa cepatnya virus mampu menyebar dan membunuh korbannya. Mereka tahu bahwa wabah yang mungkin terjadi harus segera dihentikan.

Kisah tentang bagaimana nama ebola didapatkan masih sangat acak. Namun diperkirakan pada suatu malam di Kentucky, Amerika Serikat, sekelompok ilmuwan berkumpul dan sepakat harus memberi nama pada virus baru ini.

Virus ini ditemukan di sebuah desa bernama Yambuku, sehingga sebagian ilmuwan berpendapat bisa dinamai sesuai dengan nama desa. Hal ini dikemukakan oleh salah satu anggota tim, Dr Pierre Sureau, dari Institut Pasteur di Prancis.

Namun ahli lain, Dr Joel Breman, dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyatakan, penamaan virus seperti nama desa akan memberi stigma negatif pada Desa Yambuku. Ini pernah terjadi sebelumnya, misalnya, dalam kasus virus Lassa, yang muncul di kota Lassa di Nigeria pada tahun 1969.

Peneliti lain dari CDC dan pemimpin tim peneliti, Karl Johnson menyarankan penamaan virus sesuai dengan nama sungai di daerah setempat.

Salah satu pilihan yang akan dijatuhkan adalah Sungai Kongo, sungai terdalam di dunia dan mengalir melalui Negara Kongo dan sangat kaya akan hutan hujannya. Tapi masalahnya, ada virus lain yang sudah menggunakan nama "Kongo", yaitu Krimea Kongo, salah satu virus demam berdarah.

Kemudian para ilmuwan melihat peta kecil, yang ditempelkan di dinding, untuk melihat setiap sungai lain dekat Yambuku. Pada peta, ternyata sungai terdekat dengan Yambuku adalah Sungai Ebola, yang berarti "Sungai Hitam," dalam bahasa lokal Lingala.

Akhirnya hari itu ditetapkan Ebola, sebagai nama virus baru.
Banyak virus lain telah dinamai sesuai tempat asal mereka, termasuk Virus West Nile ditemukan pada 1937, Virus Coxsackie ditemukan pada 1948 (Coxsackie adalah sebuah kota di New York), Virus Marburg ditemukan pada 1967 (Marburg adalah kota di Jerman), dan Virus Hendra. Hendra adalah pinggiran kota Brisbane, Australia.

Tradisi ini berlanjut sampai sekarang. Tahun lalu, setelah berbulan-bulan disebut oleh sejumlah nama, coronavirus akhirnya mendapat nama resmi, yaitu Middle East respiratory syndrome coronavirus, disingkat sebagai MERS-CoV atau Mers-CoV.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...