Minggu, 05 Mei 2013

Menjelajahi Seksinya Pulau Lombok

Mencari eksotisme alam yang terjaga pergilah ke Pulau Lombok dan jelajahilah.

Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak dan Gunung Bahru menjadi panorama terindah bagi yang menyukai petualangan.

Warga menggembalakan sapi di kawasan Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kawasan yang berada tak jauh dari Praya ini begitu tradisional.

Pantai Senggigi yang berpasir putih dan ombak yang sempurna menjadi tempat terbaik untuk melakukan olahraga selancar.

Di Gili Trawangan, sajian terindah bagi penyuka olahraga selam menawarkan eksotisme bawah laut yang menggoda.

Matahari terbenam di Pantai Sengigi adalah panorama terindah bagai gambar di kartu pos.

Pemandangan persawahan yang terhampar dinikmati dari perbukitan Sembalun. Bila mendaki Gunung Rinjani dari kawasan ini padang rumput adalah pemandangan yang luar biasa.

Nelayan di Pantai Senggigi banyak terlihat di pantai berpasir putih ini. Ikan yang segar ditawarkan masak dengan cara apapun menjadi kenikmatan bila disajikan sambil menanti matahari terbenam.

Masyarakat di kawasan Pantai Kute, Lombok, khususnya di Pantai Seger menyukai pacuan kuda, yang menakjubkan pacuan kuda itu diikuti oleh anak-anak kecil terlatih dan handal.

Menenun kain secara tradisional menjadi pekerjaan sehari-hari masyarakat Sasak yang menjadi penduduk asli Pulau Lombok.

Festival Nyale yang berlangsung di kawasan Pantai Kuta, Lombok adalah tradisi yang menjadi objek wisata menarik untuk diikuti. Nyale adalah cacing laut yang dianggap berkah oleh masyarakat Sasak.

Festival Nyale yang berlangsung pada bulan Februari atau Maret biasanya dilangsungkan saat dating malam bulan purnama.

Tradisi Presean yang dilakukan masyarakat Sasak menjadi tontonan menarik bagi wisatawan. Presean atau bertarung dengan rotan adalah budaya dari Suku Sasak yang unik.
Pada awalnya Presean hanya dilakukan saat upacara adat yang selalu dilaksanakan pada bulan tujuh (kalender Sasak) untuk meminta hujan.

Alam yang masih alami adalah daya tarik menjelajah Pantai Kuta yang berbukut dan berkarang. Ombak di kawasan ini menjadi favorit bagi para pecinta selancar mancanegara.

Mencari eksotisme alam kini Pulau Lombok menjadi satu pilihan bagi banyak pelancong, tidak seperti Pulau Bali yang kini penuh hinggar binggar modernitas, Lombok menawarkan alam yang tradisional yang menggoda.

Banyak pilihan objek wisata bila ingin mengekplorasi Pulau Lombok, dari laut yang terbentang luas hingga pegunungan yang liar dan menantang.

Gunung Rinjani dengan ketinggian 3726 Mdpl banyak menjadi pilihan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang menyukai petualangan alam bebas.

Memiliki dua jalur pendakian Gunung Rinjani menawarkan sebuah panorama gunung berapi yang indah.Bila melalui Rute Senaru, pendaki akan disuguhi tanjakan terjal berliku menuju Bukit Sangkareang, namun bila sampai di bukit ini hamparan Danau Segara Anak dengan Gunung Baru yang berdiri tegak di tepian danau menjadi peamandangan yang sungguh luar bisa.

Di Danau Segara Anak banyak wisatawan bermalam atau singgah berhari-hari demi melampiaskan hobi memancing ikan nila dan mujair berukuran besar, biasanya ikan-ikan itu kemudian dimasak dengan cara dibakar. Tak jauh dari tempat para pendaki mendirikan tenda sebuah pancuran air panas mengalir alami menjadi hiburan melepas penat.

Mendaki Rinjani juga dapat melalu rute Sembalun yang landai, di penuhi padang rumput hijau menguning jalur pendakian ini banyak dipilih pendaki-pendaki pemula yang mengejar matahari terbit dari bukit pelawangan.

Di kaki Gunung Rinjani, terdapatlah sebuah perkampungan suku asli Pulau Lombok yang biasa dikenal dengan Suku Sasak. Tinggal di perkampungan tradisional yang masil asli dan penuh dengan aturan adat, suku sasak mengisi kehidupannya dengan brkebun, bertani juga menenun kain tradisional yang menjadi ciri khas masyarakat sasak.

Pulau Lombok memiliki pantai yang masih terjaga keasliannya, menuju barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi menjadi objek wisata yang ciamik, bila matahari terbenam, laut biru berubah menghitam dan terkena bias cahaya oranye langit yang dramatis.

Pasir putih dengan bentangan pohon kelapa memagari pantai-pantai yang dikelilingi hotel-hotel dengan harga yang bervariasi. Bila menyukai olahraga berselancar Pantai Senggigi merupakan tempat yang patut didatangi. Begitu juga dengan olahraga menyelam, Senggigib memiliki eksotisme bawah laut yang luar biasa indah.

Masih menawarkan keindahan pantai, di Lombok Tengah terdapat Pantai Kuta, berbeda dengan Pantai Kuta di Bali, Pantai Kuta Lombok masih sangat alami.

Ombaknya yang besar menjadi primadona para surfer dunia. Yang menjadi catatan, penginapan di Pantai Kuta sangat minim, hingga banyak wisatawan sengaja membuka tenda atau tidur berhampar langit di sepanjang pantai yang memiliki pasir putih tebal bagai merica.

Pada bulan Februari dan Maret masyarakat di kawasan Pantai Kuta menyelenggarakan Festival Bau Nyale (menangkap cacing laut).

Bau Nyale merupakan upacara meriah dimana suku sasak beramai-ramai menangkap nyale di sepanjang pesisir pantai Lombok.

Masyarakat Lombok menyukai Kuda, karenanya balap kuda menjadi sebuah even yang seringkali dilakukan masyarakat Lombok. Biasanya balap kuda di Lombok dilakukan di pinggir pantai atau padang rumput yang luas.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...