Senin, 25 Juni 2012

Menjajaki Peninggalan Uni Soviet Dan Eropa Barat Yang Mengagumkan

Meski tidak semaju Eropa Barat, secara historis dan nilai budaya Eropa Timur adalah belahan dunia yang juga kaya.

Sejak terlepas dari Uni Soviet, beberapa negara seperti Ceko, Polandia,dan beberapa negara lainnya semakin lebar membuka tangan mereka menyambut para wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk berkunjung ke sana.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata dan ziarah di wilayah Eropa Timur dan Eropa Barat yang senantiasa menuai kekaguman dari mereka yang pernah berkunjung ke sana:

Charles Bridge

Praha, ibukota Republik Ceko, disebut-sebut sebagai kota paling cantik di Eropa Timur.
Beragam bangunan bernilai seni tinggi bergaya Bohemia bisa kita temui di sana. Salah satu bangunan kebanggaan kota Praha adalah Jembatan Charles (Charles Bridge) yang dirancang oleh Peter Parler dan mulai dibangun pada tahun 1357 pada masa pemerintahan Raja Charles IV.

Berada di atas sungai Vltava, dengan panjang 516 meter dan lebar sekitar 10 meter serta ditopang oleh tiga menara, jembatan ini menghubungkan Kastil Praha dengan Kota Tua. Di sepanjang jembatan berdiri 75 buah patung dan beberapa lampu yang menjadikan jembatan ini semakin memukau.

Pada siang hari, Jembatan Charles diramaikan oleh para pelukis dan musisi jalanan serta kios cindera mata. Sedangkan pada malam hari, jembatan ini senantiasa sepi sehingga memberikan kesan syahdu dan romantis. Jembatan ini hanya dibuka untuk pejalan kaki.

Biara Jasna Gora

Di Czestochowa, sebuah kota kecil di Polandia, terdapat biara Jasna Gora yang merupakan tempat ziarah umat Katolik yang terkemuka. Berada pada peringkat ke-4 dalam daftar tempat ziarah paling populer sedunia, Jasna Gora terkenal dengan lukisan “The Black Madonna”.

Lukisan “The Black Madonna” yang diyakini dilukis oleh Santo Lukas, hingga saat ini dipajang di dalam sebuah kapel bergaya Gotik yang dibangun pada abad ke-15 yang terletak di jantung kompleks biara Jasna Gora. Lukisan ini dibuat di atas panel kayu berukuran 122,2 x 82,2 x 3,5 cm, menggambarkan Bunda Maria yang sedang menggendong bayi Yesus.

Setiap tahun, jutaan peziarah dari berbagai penjuru dunia mengunjungi biara Jasna Gora untuk berdoa dan menyatakan devosi kepada Bunda Maria.

Penggilingan Boly

Penggilingan Boly adalah tempat Bernadette Soubirous (kemudian menjadi Santa Bernadette) dilahirkan. Ayah Bernadette, Francois Soubirous adalah seorang penggiling yang sukses di masa itu.

Bangunan ini terletak di seberang gua tempat Bernadette menyaksikan penampakan Bunda Maria. Meskipun sederhana, bangunan ini menarik banyak wisatawan yang berkunjung ke Lourdes karena nilai historisnya.

Cachot

Awalnya, Cachot adalah sebuah sel penjara di Lourdes yang digunakan hingga tahun 1824. Namun pada tahun 1857 hingga 1858 diberikan kepada keluarga Soubirous secara cuma-cuma untuk tempat tinggal mereka.

Pada masa hidup Bernadette, tempat tersebut digambarkan sebagai sebuah ruangan yang gelap dan sangat tidak sehat. Pada tahun 1995 – 1996 dilakukan renovasi di ruangan yang dulu dimanfaatkan sebagai ruang makan, dapur, tempat tidur, sekaligus tempat berdoa oleh para penghuninya.

Hingga saat ini Cachot dirawat oleh The Sisters of Charity of Nevers dan kerap dikunjungi oleh banyak peziarah dari berbagai negara.

Gunung Titlis

Titlis adalah sebuah gunung di pegunungan Alpina di Swiss. Berada di desa Engelberg, sebuah desa dekat kota Lucerne, gunung yang tingginya 3.029 meter di atas permukaan laut ini terkenal dengan salju abadinya. Termperaturnya yang berada di sekitar minus 13 derajat Celcius membuat iklim di gunung Titlis sangatlah dingin.

Satu obyek yang sangat menarik di gunung Titlis adalah sebuah glacier grotto. Tempat ini memungkinkan para wisatawan untuk berjalan menyusuri glasir melalui terowongan yang dibuat dari bebatuan dan es. Cahaya bernuansa kebiruan terpancar dari es di tempat ini, jika Anda memperhatikannya dengan seksama.

Sebagai satu-satunya gunung bersalju di musim panas, gunung Titlis kerap dikunjungi para wisatawan yang ingin melakukan olah raga ski atau snowboard. Selain itu, para wisatawan juga dapat menikmati keindahan panorama hutan dan pegunungan yang terbentang di sana.

Untuk mendaki gunung ini tidaklah sulit. Cukup menggunakan gondola dan kereta gantung. Waktu tempuh untuk mencapai puncak gunung adalah sekitar empat puluh menit.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...