Senin, 26 Maret 2012

VW Siapkan Mobil Murah Seharga Rp60 Juta

Harga mobil VW di Indonesia mencapai lebih dari Rp200 juta.

Pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen, mengumumkan rencana mereka membuat low-cost car atau mobil murah untuk negara-negara berkembang di Asia. Mobil ini rencananya akan dijual dengan harga 5.000 euro atau Rp60 juta.

"Segmen mobil dengan banderol 5.000 atau 7.000 euro atau Rp60-80 juta cukup menjanjikan ke depannya," kata Kepala Riset dan Pengembangan VW Ulrich Hackenberg, dilansirReuters, Minggu 25 Maret 2012.

Menurutnya, di India pihaknya akan membangun Vento versi lokal, yang harganya hanya 84 juta. Sedangkan di China, VW akan membangun mobil yang lebih murah lagi seukuran Seat Toledo.

Ia menambahkan, ada beberapa cara yang jitu agar mobil bisa murah di negara berkembang. Salah satunya adalah memperbanyak kandungan lokal di negara tersebut untuk membangun mobil. "Tapi mobil itu tidak akan dijual dengan merek Volkswagen, mereka akan punya merek sendiri," ujarnya.

Adapun tipe low-cost car yang akan dibuat kemungkinan besar adalah sedan yang lapang dan mobil penumpang yang lebih besar lagi seperti van.

Lalu apakah mobil ini akan hadir di Indonesia? Seperti diketahui, pemerintah tengah mengembangkan program low cost green car (mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau).

Rencana itu langsung direspons oleh Toyota, Daihatsu, Suzuki, dan Nissan, yang menyatakan siap menyanggupi dan tengah menunggu kejelasan regulasi dari pemerintah.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...