Jumat, 17 Februari 2012

Situs File-Sharing Musik Inggris Ditutup

SOCA bahkan 'memajang' IP address pengunjung situs tersebut
Sebuah situs file-sharing ditutup oleh instansi hukum Inggris yang mengatasi kejahatan terorganisir, SOCA (Serious Organised Crime Agency). Situs Rnbexclusive.com, yang merupakan situs khusus musik RnB dan hiphop, ditutup karena dianggap memiliki konten yang didapat dengan meretas (hack) akun email dan website artis.

Penutupan situs itu sendiri dilakukan sehari setelah penangkapan orang yang dianggap bertanggung jawab dan menjadi pengelola situs. Penangkapan dilakukan dengan tuduhan konspirasi melakukan penipuan.

Saat ini, situs yang memiliki angka 2 juta pengunjung tiap bulan itu pun 'disegel' dengan peringatan dari SOCA.

"SOCA telah mengambil alih nama domain ini. Pihak yang ada di balik website ini telah ditahan atas tuduhan penipuan," tulis peringatan tersebut.

Dalam satu bulan terakhir memang ramai penutupan situs, terkait tindakan pembajakan hak cipta. Tapi, tindakan yang dilakukan SOCA dinilai menyampaikan pesan yang sangat agresif.

Sebuah sumber mengatakan sebab investigasi yang dilakukan SOCA memusatkan perhatiannya terhadap peretasan kepada akun industri musik dan jejaring sosial. Dengan demikian, pihak peretas bisa memperoleh konten, bahkan sebelum materi itu dirilis. Ini dianggap lebih merugikan ketimbang hanya mengkopi hak cipta artus yang sudah diluncurkan.

Adapun, situs Rnbexclusive itu diperkirkan mendapat penghasilan besar dari iklan. Sedangkan kerugian diperkirakan sebesar 1,5 juta poundsterling.

Dalam peringatannya, SOCA juga menyebut, file musik itu didapat dengan mencuri dari artis.

"Jika Anda mengunduh (download) dari situs ini, Anda juga akan dikenakan tuduhan pasal kriminal dengan hukuman maksimal hingga 10 tahun tahanan dan denda tak terbatas berdasarkan hukum yang diatur di Inggris Raya."

Tak hanya itu, SOCA bahkan dikabarkan 'memajang' IP address pengguna situs itu, sambil mengancam para pengguna. "SOCA punya kemampuan untuk memonitor dan menginvestigasi Anda, dan bisa mengkonfirmasi provider layanan internet Anda atas pelanggaran yang Anda lakukan," tulisnya,.

Menanggapi ini, juru bicara SOCA mengakui telah melakukan tindakan tegas terhadap situs Rnbexclusive.com. SOCA juga mengaku menahan satu orang.

"Banyak musik yang ditawarkan untuk bisa diunduh dari rnbexclusive.com didapat secara ilegal dari artis. Ini mengakibatkan kerugian industri sekitar 15 juta poundsterling tiap tahun akibat aktivitas situs ini," ujar juru bicara SOCA tersebut.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...