Selasa, 24 Januari 2012

Tempat-Tempat Terbaik Untuk Merayakan Imlek


Ketika seluruh dunia telah selesai liburan Tahun baru, masyarakat keturunan China masih memiliki sesuatu untuk ditunggu. Tahun Baru Cina yang biasanya datang saat awal tahun, kini perayaannya semakin meriah. Tak hanya di Indonesia, di negara lain pun geliat perayaan Imlek selalu dinanti. Di mana saja tempat-tempat terbaik untuk merayakan Imlek? Simak saja, siapa tahu suatu saat nanti Anda berkesempatan merayakan Sincia di tempat-tempat ini!

1. Hong Kong
Walaupun pernah terpisah dari China, tapi Hong Kong tetap menjadi tempat paling meriah untuk merayakan Imlek. Acara yang diadakan: parade malam besar-besaran di Tsim Sha Tusi East, dengan bintang tamu internasional dalam kapal tradisional dan kostum macan serta naga, musik perkusi yang hingar bingar, tak lupa festival kembang api nonstop. Festival kembang api biasanya dipusatkan di Victoria Harbor pada hari kedua liburan, dan berlangsung hingga 15 hari. Perayaan tahun baru juga diperingati dengan mengunjungi kuil dan memakai baju baru berwarna merah.

2. Singapura
Singapura merupakan salah satu negara di luar China di Asia dengan perayaan Imlek terbesar. Penduduk Singapura mendapatkan dua hari libur sehingga bisa merayakannya dengan maksimal. Dekorasi dinaikkan, parade China lengkap dengan barongsai, macan, dan harimau, serta drum band memenuhi seluruh bagian kota dan biasanya terpusat di Chinatown. Pasar-pasar yang menjual kebutuhan tahun baru Imlek ramai digelar dan tak lupa, festival kembang api.

3. San Francisco
Di tahun 1860, adanya emas memikat banyak orang untuk datang ke San Francisco, dan setengah dari para pendatang tersebut adalah masyarakat keturunan China. Tak heran apabila kini San Francisco telah menjadi salah satu kota dengan perayaan Imlek tertua di luar China, yaitu sekitar 150 tahun! Perayaan Imlek di San Francisco juga terbagi dalam 3 bagian dalam waktu dua minggu, layaknya di China. Acara pertama dan kedua adalah Chinese New Year Flower Fair dan Chinatown Community Street Fair, dilanjutkan acara puncak yaitu Chinese New year Parade – yang disebut-sebut terbaik di luar Asia. Mengapa? Karena tiap tahun lebih dari 100 kelompok akan ikut berpartisipasi, termasuk marching band sekolah, kelompok bela diri, penari barongsai, pemain egrang dan acrobat. Ada juga pemilihan Miss Chinatown.

4. Sydney
Komunitas ekspatriat dari Cina telah berkembang di Sydney semenjak 150 tahun terakhir, maka selebrasi Imlek pun telah dilakukan sejak itu. Biasanya kegiatan terpusat di Chinatown dan Darling Harbour. Di dekat situ terletak Chinese Garden of Friendship, dimana pasar dadakan, warung makanan,dan dekorasi merah, emas serta naga mendominasi. Tempat ini biasanya dihadiri oleh ribuan keluarga dan turis.

5. London
London baru merayakan tahun baru Imlek seminggu setelah perayaan di dunia telah selesai. Acara utamanya bertempat di Leicester Square 21st, di mana akan dibuka oleh upacara dan diikuti oleh penampilan budaya di panggung ataupun pawai. Selain tarian barongsai dan acrobat China, seni kontemporer juga akan ditampilkan. Acara ditutup dengan kembang api di Shaftsbury Avenue.

Selain 5 tempat tersebut, menyusul dalam daftar tempat terbaik untuk merayakan Imlek: Paris, Helsinki, Ho Chi Minh City, dan tentu saja Beijing! Tahun Baru Imlek di Beijing dirayakan secara nasional dan sangat dinantikan. Tak hanya ditangguhkan sebagai momen untuk awal langkah baru, tapi juga menjadi saat tepat untuk berkumpul bersama orang-orang tercinta. Anak-anak mendapatkan “angpau”, rumah-rumah menjadi ramai, orang-orang yang memakai baju baru dan makan bersama, dan hingar binger perayaan sepanjang jalan tanpa henti.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...