Senin, 26 Desember 2011

Prius Generasi Ketiga Dibuat di China

Produksi mobil hybrid paling laris di dunia itu dilakukan di Pabrik Changchung, Jilin
Toyota Prius

Toyota Motor Co. mulai memproduksi Toyota Prius generasi ketiga di China, sejak pekan ini. Produksi mobil hybrid paling laris di dunia itu dilakukan di pabrik Changchung di Provinsi Jilin, milik perusahaan patungan dengan FAW Group Corp, Sichuan FAW Toyota Motor Co. Ltd.
"Hasil produksinya akan dijual mulai awal 2012," tulis laman resmi Toyota.
Sejatinya ini bukan kali pertama Toyota memproduksi Prius di China. Sebelumnya, pada 2005 Toyota pernah memproduksi mobil hybrid bensin-listrik di negeri ini. Namun kemudian terhenti. China merupakan negara pertama di luar Jepang yang memproduksi Prius Hybrid.

Komitmen Toyota memproduksi kembali hybrid muncul kembali pada 2010 dengan membangun Toyota Camry Hybrid di pabrik Guandong. Tak cuma itu, Oktober lalu, Toyota membangun Toyota Motor Engineering & Manufacturing (China) Co. Ltd. yang bertujuan mempercepat proses lokalisasi teknologi hybrid di China.

Presiden Toyota Motor Co. Akio Toyoda menegaskan rencananya untuk lokalisasi komponen hybrid sekitar tahun 2015. Lokalisasi ini akan dilakukan di bawah bendera Sichuan FAW Toyota Motor.

Perusahaan patungan yang berdiri pada 1998 ini akan mendirikan tiga pabrik. Dua pabrik telah beroperasi dan satu lainnya mulai berproduksi pada pertengahan 2012. Pabrik pertama berada di Chengdu yang menghasilkan minibus Toyota Coaster dan SUV Toyota Land Cruiser Prado. Pabrik berkapasitas 30,000 unit per tahun ini mulai berproduksi November 1998.

Pabrik kedua berada di Changchun yang memproduksi Land Cruiser dan Prius. Pabrik yang beroperasi sejak Oktober 2003 punya kapasitas 10,000 unit per tahun.

Untuk meningkatkan kapasitasnya, Changchun Plant menyiapkan areal baru di Fengyue Road, Changchun Economic and Technology Development Zone, Changchun, Jilin yang luasnya 970,000 m2 atau duabelas kali lebih luas dari pabrik sebelumnya. Pabrik ini nantinya akan memproduksi Toyota Corolla.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...