Kamis, 12 Agustus 2010

Suzhou - surga dunia dan kota wanita cantik

Bookmark and Share
Suzhou adalah salah satu kota yang terkenal indahnya di negri ini, bahkan sampai mereka punya pepatah, Suzhou adalah surga dunia, kota ini juga terkenal oleh wanita wanita cantiknya. Tetapi dari pengamatan saya, sepertinya mitos wanita cantik ini memang hanya mitos belaka. Mungkin juga mitos ini sudah tidak berlaku untuk jaman modern ini mengingat standar 'cantik' sekarang dengan standar 'cantik' jaman dulu sudah banyak berubah.

Hampir seluruh kota ini dikelilingi oleh air. Kanal, sungai, danau ada dimana mana, oleh sebab itu kota ini dikenal juga sebagai venice of asia. Terutama pada senja dan malam hari, kota ini sangat indah, hampir seluruh kanal dan sungai sungai disini diperindah oleh jembatan jembatan khas cina kuno, dan pada malam hari seluruh tepi danau, sungai, dan kanal akan diterangin oleh kilauan lampu warna warni. Disaat ini untuk menikmati sejuknya angin senja ditepi danau atau sungai sambil membaca buku atau jalan-jalan santai menikmati indahnya pemandangan kota ini, seperti berada dalam ketenangan dan kedamaian. Untuk para turis, mereka juga menyediakan perahu perahu wisata untuk menikmati sungai sepanjang kota ini, dan kota kota kanal disepanjang sungai.











Kehidupan di Suzhou
Tata kota ini lumayan teratur dan sangat ramah dengan pejalan kaki, dengan jalanan lebar lebar dan trotoar yang sangat luas, jalan kaki disini serasa bukan masalah. Transportasi juga sangat mudah, hanya dengan tarif 1 - 3 yuan hampir seluruh area di kota ini dapat dijelajahi dengan buskota yang sudah terjadwal dan bersih, hanya masalahnya mungkin dengan bahasa, karena semua papan halte disini hanya ditulis dengan kanji.

Saya juga sangat takjub akan kebersihan kotanya, tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, karena sudah banyak mendengar betapa joroknya cina. Para penyapu bersiap-siap di setiap sudut kota, begitu ada ada sampah yang jatuh, langsung mereka bertindak, menakjubkan kan! Walaupun memang kebersihan kotanya belum sepenuhnya ditunjangan oleh kebersihan manusianya, kalau kita punya kebiasaan mandi 2 kali sehari, nah mereka malah 2 hari mandi sekali, jadi kalo saat musim panas, itu lah saat paling menderita di dalam buskota.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...