Kamis, 12 Agustus 2010

Industri Pariwisata di Propinsi Hunan Pulih Kembali

Musibah salju dan hujan es yang merupakan peristiwa langka, pada awal tahun ini menerpa Tiongkok dan mendatangkan kerugian besar bagi perekonomian Propinsi Hunan, Tiongkok tengah.


Industri pariwisata setempat juga tak ketinggalan terkena imbasnya.
Berdasarkan sebuah data statistik, kerugian ekonomi industri pariwisata Hunan akibat musibah tercatat sekitar 600 juta yuan RMB. Lalu bagaimana keadaan industri pariwisata di Hunan pada musim semi ini? Nah, saudara pendengar, dalam Ruangan Bertamasya


Di Tiongkok hari ini, kami akan mengulas upaya pemulihan industri pariwisata Hunan.
Musibah salju dan hujan es yang menerpa Propinsi Hunan di awal tahun ini mengakibatkan prasarana jalan, air dan listrik di tempat wisata Hunan mengalami kerusakan serius dan terpaksa ditutup.


Pepohonan tumbang di sana sini, bambu-bambu semuanya retak, dan lingkungan ekologis seluas beberapa juta hektar juga mengalami kerusakan serius.
Pasca musibah, lembaga-lembaga pariwisata Hunan aktif melakukan rehabilitasi pemandangan wisata Hunan. Sementara itu, pemerintah pusat mengambil sejumlah langkah untuk membantu Hunan membangkitkan kembali industri pariwisatanya.


Mulai akhir bulan Januari, Biro Pariwisata Negara Tiongkok mendadak menyalurkan dana sebesar 3,9 juta RMB untuk memperbaiki pemandangan, jalan, tanda pariwisata, toilet, pusat pelayanan, dan prasarana pelayanan publik lainnya. Wakil Direktur Biro Pariwisata Propinsi Hunan, Liu Zhiming mengatakan, industri pariwisata di Hunan sedang menunjukkan momentum perkembangan pesat



"Setelah mengalami musibah salju dan hujan es, gunung dan air di Hunan yang tertiup angin musim semi akan menampakkan wajah yang lebih indah. Kami akan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para wisatawan, " kata Liu Zhiming.


Setelah salju dan hujan es baru saja cair di bulan Februari, Taman Kehutanan Negara Zhangjiajie yang termashyur segera melakukan kegiatan promosi. Ini menandakan bahwa pasar pariwisata di Hunan pasca musibah seluruhnya telah dipulihkan kembali dan keamanan para wisatawan dalam dan luar negeri juga terjamin.


Kegiatan promosi tersebut digelar di Daerah Pemandangan Wulingyuan, Zhangjiajie dengan melibatkan banyak jawara Olimpiade serta hampir 1.000 wisatawan dalam dan luar negeri. Kegiatan tersebut dirancang oleh Wakil Gubernur Propinsi Hunan, Gan Lin yang menyebut dirinya sebagai perancang industri pariwisata periode khusus. Dikatakannya, Zhangjiajie, tempat wisata yang menyerupai surga di bumi telah pulih kembali.
Gan Lin menanyakan kesan para wisatawan terhadap Zhangjiajie dan ia mendapat jawaban yang memuaskan.




Selain rehabilitasi prasarana industri pariwisata di Hunan dilaksanakan dengan cepat, pasar pariwisata dan keyakinan wisatawan juga dipulihkan kembali.
Sejak bulan Februari, Biro Pariwisata Hunan berupaya sekuat tenaga memulihkan pasar pariwisata dengan kegiatan promosi di dalam dan luar negeri serta dengan menitikberatkan eksploitasi pasar masyarakat Tionghoa di Asia tenggara, pasar pariwisata tingkat tinggi dari Korea Selatan, pasar Uni Eropa dan Jepang.


Wakil Direktur Biro Pariwisata Propinsi Hunan, Liu Zhiming mengatakan: "Musibah salju dan hujan es di Hunan mengundang perhatian besar berbagai negara dan tokoh-tokoh bersahabat dalam jumlah besar sehingga berpeluang membuat nama Hunan lebih dikenal masyarakat luar.


Dipulihkannya dengan cepat industri pariwisata di Hunan pasca musibah pada tingkat tertentu mengundang pujian kepada kami sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan pengaruh kami. Karena itu kami optimis akan prospek perkembangan industri pariwisata Hunan."


Dewasa ini industri pariwisata sedang mengalami proses pemulihan yang memuaskan yang dapat dilihat melalui kedatangan wisatawan dalam jumlah besar. Antara pertengahan bulan Februari dan Maret, Zona Pemandangan Wulingyuan di Zhangjiajie kedatangan wisatawan sejumlah 280 ribu orang. Jumlah ini adalah dua kali lipat lebih jumlah wisatawan antara bulan Januari dan pertengahan Februari.




Di Propinsi Hunan terletak banyak tempat wisata terkenal, antara lain Taman Kehutanan Negara Zhangjiajie, Kota Kuno Fenghuang, Gunung Henshan, Danau Dongting dan Gedung Yueyang. Selain itu, Hunan terkenal juga dengan makanannya yang lezat dan bercitarasa pedas.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...