Minggu, 16 Mei 2010

Penampakan Awan Arcus Yang Indah Sekaligus Menyeramkan


Share|



Apa sih Awan Arcus itu?
Awan arcus adalah formasi awan yang rendah dan horizontal yang dikaitkan dengan ujung tepi badai atau aliran udara dingin dari laut bila tidak terjadi badai. Awan Arcus dibedakan menjadi dua yaitu awan gulungan (roll clouds) dan awan landas (shelf clouds)

Jenis Awan Arcus
Awan gulungan (roll cloud) adalah awan yg rendah, horizontal, berbentuk tabung dan merupakan golongan awan Arcus yang sangat langka. Berbeda dengan awan landas, awan gulungan terlepas dari awan lain. Awan gulungan biasanya muncul dalam bentuk gulungan pada pada sumbu horizontal. Awan ini digambarkan sebagai gelombang soliter yaitu gelombang yang memiliki puncak tunggal yang bergerak tanpa mengubah bentuk dan kecepatan. Salah satu awan gulungan yang paling terkenal adalah awan Morning Glory di Queensland, Australia. Salah satu yang membuat awan Morning Glory adalah sirkulasi angin laut yang mengembang sampai ke semenanjung Cape York dan Teluk Carpentaria.

Awan gulungan pernah muncul juga di Selat Inggris, Pulau Shetland, Rusia Timur, daerah maritim lain di Australia, di lepas pantai Laut Cortez di Meksiko, Uruguay, Nova Scotia dan teluk dos Campos Goytacazes di Brasil.

Penampakannya



Sedangkan Awan Landas (Shelf Cloud) adalah awan yang rendah yang berbentuk baji. Tidak seperti awan gulungan, awan landas melekat pada dasar awan induk (biasanya seperti badai). Kenaikan pergerakan awan seringkali terlihat dibagian terluar dari awan landas, sedangkan di bagin dalamnya terjadi turbulensi dan angin yang besar.

Hembusan yang kuat dan tajam akan membuat bagian terendah pada bagian luar awan terlihat seperti robek dan berbaris seiring dengan meningkatnya fraktus awan. Dalam beberapa kasus akan ada pusaran di sepanjang tepi dengan jumlah angin yang besar akan mencapai tanahdan 
menerbangkan debu. Penampakan awan landas yang rendah disertai dengan gejala-gejala tersebut mengindikasikan bahwa akan terjadi badai besar di daerah tersebut. Sebuah contoh ekstrim dari fenomena ini tampak hampir seperti tornado dan dikenal dengan julukan gustnado.
Penampakannya




kaskus.us

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...