Minggu, 23 Mei 2010

Jalan ke Teluk Nibung, Tanjung Balai - Asahan

Bookmark and Share

Bagi yang sudah pernah ke kota tanjung balai, pastinya nama teluk nibung sudah tidak asing lagi. Bagi yang belum tau, boleh menyimak photo blogku berikut ini..

Emangnya Ada apa aja sih disana? Daripada bengong2 ayo kita jalan2 kesana.. yukkk
Ini adalah pemandangan dari atas salah satu jembatan di teluk nibung. Sungai yang tampak itu adalah sungai asahan.
Sungai Asahan merupakan saluran pembuangan air dari Danau Toba menuju ke Selat Malaka.

Sungai ini melintasi Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Asahan dari sungai inilah masyarakat disini menggantungkan kehidupannya.


Di sepanjang jalan menuju pelabuhan teluk nibung, banyak terdapat tempat-tempat pelelangan ikan. dari tempat inilah ikan ikan segar hasil tangkapan nelayan dipeti kemaskan dan kirim ke berbagai daerah di jawa dan sumatera, bahkan sampai di eksport ke negeri tetangga.

Selain dijual keluar, disini kita juga dapat membeli hasil tangkapan nelayan tersebut, tentunya dengan harga jauh lebih murah dibandingkan di pasar2. Semua jenis hasil laut ada disini, seperti berbagai jenis ikan, udang, kerang bulu, kepiting, dll.

Karena banyaknya aktivitas di tempat ini, tidak jarang disini sering sekali mengalami kemacetan. Banyak truk2 besar sering parkir sembarangan, selain itu jalannyapun rusak dan becek karena terkena air laut terus menerus. Ditambah lagi dengan baunya yang amis…


Ini adalah pemandangan yang terlihat di salah belakang salah satu rumah makan di teluk nibung. Di rumah makan ini tersedia aneka makananan sea food yang enak-enak dengan harga yang terjangkau seperti pari bakar, udang, cumi, dll . disini kita bisa pilih sendiri ikan/sea food lainnya..

Kemudian langsung di olah oleh penjualnya.. sehingga makanannya lebih segar, sehat dan tanpa bahan pengawet, rasanya pun maknyosss… sambil menikmati makannya kita bisa melihat pemdangan seperti foto diatas, melihat burung2 yang berterbangan, kapal2 yang hilir mudik, dan sungai asahan yang luas…


Menyusuri sungai asahan.. di pinggir kiri kanan banyak rumah-rumah penduduk dengan antena tv nya yang tinggi-tinggi.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...