Sabtu, 20 Maret 2010

Minum Kopi “ngopi” dan Kegunaannya

Minum kopi bukan hal yang biasa lagi buat negara kita. Minum kopi “ngopi” sudah menjadi kebiasaan di negeri ini mulai dari nenek moyang kita bahkan sebagian daerah menggunakan budaya ini untuk menymbut tamu kehormatan. Biasanya kalau di tempat saya ngopinya di beranda rumah yang disajikan dengan singkong goreng atau jenis gorengan lainnya.


Kopi yang dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan quahwa ternyata memiliki manfaat yang banyak. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein di dalamnya. Ternyata dengan “ngopi” dapat meningkatkan konsentrasi, hal ini saya telah buktikan sendiri waktu kerja keras dulu.


Selain meningkatkan konsentrasi minum kopi dapat menghalau ngantuk waktu belajar, alhasil esok harinya jadi terngantuk-ngantuk di ruang kerja karena gak bisa tidur semalaman. “Just joke”. Klo gak bisa tidur itu sich biasanya disebabkan over dosis dalam konsumsi kopinya. Selain itu dengan ngopi barenk ternyata mempererat hubungan persaudaraan,secawan kopi biasanya dihidangkan oleh temen kemudian diminum secara estafet/bergantian.


Mungkin ini tidak lazim bagi sebagian orang tapi buat “antek” (anak teknik) hal ini sudah biasa apalagi klo sedang stress kerjain tugas hitungan, posting sana sini..


Telah dijelaskan bahwa kopi memiliki zat yang disebut cafein. Adapun kegunaan kafein antara lain :


01. Meredakan Sakit Kepala
Kafein bisa meredakan sakit kepala dengan cara melebarkan pembuluh darah otak yang menyempit. lebih jelasnya lihat kandungan obat sakit kepala yang anda beli.


02. Melegakan Asma
Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.


03. Membantu Konsentrasi
Kafein meningkatkan konsentrasi kita dengan cara merangsang otak, bahkan diperkirakan bisa meningkatkan daya ingat jangka panjang makanya klo mau ujian dahuluilah dengan minum kopi.


04. Meningkatkan Daya Tahan
Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama tapi hati-hati kecanduan.


05. Menaikkan gairah berupa rasa Gembira dan Energik.
Walaupun memiliki kegunaan yang banyak tapi kalau berlebihan tentunya juga akan berdampak negatif bagi tubuh, diantaranya:


06. Kanker
Sangat sedikit bukti yang menunjukkan kafein menyebabkan kanker kandung kemih, pangkreas, atau kanker payudara tapi berhati-hatilah. Ketiga jenis kanker tersebut memang sering di kait-kaitkan dengan bahan-bahan yang pernah dimakan di masa lalu.


07. Penyakit Jantung
Yang penting, kopi diminum disaring dulu. Penyaringan bisa menghilangkan zat-zat yang bisa menghilangkan kadar LDL jenis kolesterol jahat.


08. Hipertensi dan Gangguan Pembuluh Darah
Kafein berfungsi sebagai stimulan (perangsang). Jadi pada orang-orang yang peka, kafein bisa menyebabkan palpitasi jantung (gangguan irama jantung) atau peningkatan tekanan darah, biarpun cuma sedikit dan bersifat sementara. Penderita tekanan darah tinggi dan gangguan jantung lainnya, harus konsultasi dengan dokter bila ingin minum kopi. Harus diingat, kafein yang di maksud bukan hanya yang diminuman kopi, melainkan juga kola, maupun obat flu yang mengandung kafein.


09. Keropos Tulang
Para ahli mendapati, setelah kita minum kopi, kita akan mengeluarkan kalsium ke dalam air seni. Meski demikian, belum ada bukti bahwa kafein menyebabkan keropos tulang. Penelitian terbaru menunjukkan lebih dari 100 orang menapouse yang minimum kopi lebih dari 5 gelas sehari, tidak menunjukkan hubungan antara keropos tulang dengan kebiasaan mereka minum kopi tetapi hal ini masih dalam tahapan research.


10. Fibrosis Payudara
Pada beberapa kasus, beberapa wanita dilaporkan mengalami rasa kemeng sampai nyeri pada payudaranya ketika mereka berhenti minum kopi. Mereka adalah penderita fibrosis payudara, yaitu benjolan jinak yang rasanya sakit. Tetapi para ahli tidak menemukan kaitan antara kafein dengan peningkatan kasus fibrosis payudara.


11. Kehamilan
Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa kafein bisa menganggu kehamilan, meningkatkan resiko keguguran, atau bayi lahir dengan berat badan lebih rendah. Meski demikian, para ahli tetap menganjurkan kaum ibu-ibu untuk berhati-hati. Bila berencana hamil atau sedang hamil, di sarankan membatasi kopi.


12. Gangguan Lain
Kafein menyebabkan susah tidur dan meningkatkan kecemasan, memperburuk kondisi serangan panik pada penderita panik. Kafein juga meningkatkan produksi asam lambung sehingga memperparah sakit maag dan nyeri lambung.
Jadi kesimpulannnya “ngopi” memiliki kegunaan walaupun dilain sisi juga memiliki dampak buruk bagi tubuh. Tapi bad effect bisa terjadi kalo kopi dikonsumsi terlalu berlebihan. Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi kopi dalam batasan normal yakni satu cangkir sehari. Saran saya jadilah penikmat kopi yang baik.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...